Cegah Cedera Lutut, 3 Alat Pelindung ini Sebaiknya Anda Kenakan

Bagi Anda yang sudah pernah melakukan operasi cedera lutut tentu mengetahui jika biaya operasi ACL tidak murah. Pengalaman operasi tersebut akan membuat Anda lebih berhati-hati agar tidak sampai mengalami cedera lutut parah hingga berakhir operasi. Selain karena rasa nyeri yang tidak nyaman, tentu Anda tidak ingin kalau tabungan Anda harus kembali berkurang untuk operasi, kan? 

Ya, tidak ada satu pun orang di dunia ini yang dengan sukarela ingin sakit. Agar kejadian yang telah lalu tidak terulang kembali, Anda bisa melakukan upaya pencegahan cedera lutut dengan mengenakan alat pelindung lutut ketika beraktivitas atau olahraga berat.

Inilah 3 alat pelindung yang sebaiknya Anda miliki dan kenakan agar cedera lutut bisa dihindari. 

1. Knee pad 

Bagian lutut berperan penting dalam menopang tubuh manusia. Menggunakan knee pad atau bantalan pada lutut saat berolahraga dapat membantu mengurangi potensi cedera lutut. 

Pilihlah knee pad yang bahannya elastis dan nyaman digunakan pada lutut. Pastikan juga bantalan knee pad ukurannya sudah sesuai dengan ukuran kaki atau lutut. 

2. Deker lutut

Peralatan lain yang dapat melindungi lutut dari cedera adalah deker lutut. Seperti deker pakaian pada umumnya, deker lutut dikenakan khusus pada bagian lutut. Bahan deker lutut ada beragam, seperti dari kapas dan neoprene. Anda dapat mengantisipasi biaya operasi ACL yang cukup besar dengan menggunakan deker lutut sebagai pelindung saat berkegiatan. 

3. Pelindung lutut profilaktik

Bagi atlet olahraga mungkin sudah terbiasa dengan benturan-benturan pada tubuh, salah satunya pada bagian lutut. Pelindung lutut profilaktik sangat disarankan bagi atlet atau Anda yang melakukan olahraga dengan potensi terkena benturan. Contoh olahraga yang membutuhkan pelindung lutut jenis ini adalah pemain sepakbola yang berpotensi cedera serius pada lutut. 

Alat-alat pelindung di atas dapat Anda temukan dengan mudah di toko online maupun offline. Bandingkan harga-harga tersebut dengan biaya operasi ACL, yang tentu saja pelindung di atas sangat terjangkau harganya. Setelah memiliki alat pelindung lutut, usahakan untuk tidak lupa memakainya setiap kali akan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini