5 Cara Merawat Print Masker Agar Bisa Digunakan Jangka Panjang

Penggunaan masker sudah menjadi rutinitas yang harus dilakukan demi mencegah penularan virus Covid-19 bersama-sama. Ini yang membuat kebutuhan masker semakin meningkat seiring waktu. Salah satunya produk print masker dengan konsep customize yang lebih memenuhi kebutuhan termasuk mengikuti desain sesuai keinginan. Tidak sekadar dicuci setiap hari, ada langkah-langkah perawatan masker berbahan kain agar lebih awet dan bisa lebih tahan lama meski digunakan sehari-hari.

Perawatan Masker Bahan Kain

Karena menjadi alat penyaring debu dan kotoran yang kita hirup, maka debu atau pun kotoran tersebut akan menempel pada masker. Nah, ini dia cara merawat masker kain yang disarankan.

1. Cuci Rutin Setelah Dipakai

Langkah paling dasar ialah mencucinya rutin setelah dipakai. Banyak yang mengira masker kain bisa terus digunakan hingga berhari-hari karena terbuat dari kain. Nyatanya masker tetap harus segera dicuci setelah digunakan keluar rumah meski hanya sebentar saja. Sebab kotoran yang menempel, bahkan bakteri atau pun virus bisa menetap pada kain dan menyebar ke benda lain.

2. Perhatikan Bahan atau Material Masker

Sama seperti pakaian pada umumnya, masker kain harus dicuci dengan metode yang sesuai dengan jenis kain tersebut. Misalnya pada print masker kain yang mencucinya lebih baik tidak digosok kencang dan tidak direndam terlalu lama. Atau pun pada kain nilon yang tidak boleh digosok dan disetrika secara langsung.

3. Cuci Secara Terpisah

Jangan lupa untuk pisahkan masker dengan pakaian atau perlengkapan fashion lainnya saat dicuci. Selain menghindari penyebaran bakteri, virus, maupun kuman, proses pencuciannya pun bisa lebih optimal. Masker juga mudah sekali rusak bisa dicuci berbarengan dengan pakaian lainnya, seperti ketika memasukkannya ke dalam mesin cuci bersama-sama.

4. Jangan Terlalu Lama Direndam

Hindari merendam masker yang dicuci terlalu lama. Karena biasanya kain yang digunakan berlapis dan bila terlalu lama direndam malah membuat masker jadi bau. Apalagi bila proses pengeringannya tidak maksimal. Kemudian pada kain yang di-print, terlalu lama direndam akan merusak kain print lebih cepat.

5. Hindari Mengeringkan di Bawah Matahari Langsung

Langkah terakhir, hindari keringkan masker di bawah matahari langsung agar warna masker tidak mudah pudar. Lebih baik jemur dengan cara diangin-anginkan. Khususnya masker kain print. Jenis kain yang rentan rusak karena cahaya matahari langsung pun harus ikut diperhatikan.

Terpenting, masker yang digunakan sehari-hari harus terjaga kebersihannya dan lebih baik pilih masker berkualitas agar penyaringan lebih maksimal, serta lebih nyaman saat dikenakan. Begitu pun print masker sejenisnya yang banyak ditawarkan di pasaran. Perhatikan jenis dan kualitas kainnya. Anda bisa pilih masker berbahan katun yang lebih bagus dalam menangkal virus, lembut di wajah, dan mudah dicuci.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini