Kangen jajanan lawas “kue cucur” buat sendiri dirumah yuk!

Kue Cucur "Bowsprit cake" adalah kue tradisional dan sensasi aroma yang selalu membuat orang kecanduan gula merah. Meski hanya terasa manis dan berminyak, namun kue  ini “Kue Cucur” masih disukai oleh banyak orang, terutama wanita dan anak muda. Serat yang terbentuk pada kue, serta tepi garing kering dan sedikit hangus memberikan renda cantik ini pada kue. Kue Bowsprit "Kue Cucur" terbuat dari campuran tepung beras, tepung gandum, gula merah, gula pasir, dan air. Ini kue yang sangat disukai dari Indonesia. Traditioanal, unik, dan enak. Kue cucur adalah sejenis kue goreng yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan gula merah atau gula aren. Kue ini adalah makanan sederhana yang mudah ditemukan di pinggir jalan dan di pasar tradisional dan toko kue di hampir semua wilayah di Indonesia karena makanan ini adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia.


Meskipun kue cucur memang sangat mudah ditemukan di toko kue, pasar tradisional atau di pinggir jalan, perlu kalian ketahui bahwa kue cucur yang sering kalian beli itu merupakan kue cucur khas betawi. Sebenarnya asal-usul dari kue cucur sendiri dibawa oleh negara asing yang belum diketahui secara pasti kapan dan dari mana, dan lama kelamaan kue cucur menjadi kue tradisional di Indonesia bahkan kue cucur seringkali dijadikan sebagai makanan atau kue untuk melakukan upacara adat. Orang Indonesia sendiri menyukai kue cucur karena rasanya yang manis dan bahan-bahannya serta cara memasaknya yang mudah. Bagaimana cara membuat kue cucur? Yang pastinya sangat mudah dan sederhana. Anda ingin membuatnya sendiri? Ini resepnya.

Resep kue cucur

BAHAN MEMBUAT KUE CUCUR :

- 350 gram tepung beras
- 150 gram tepung terigu
- 200 gram gula merah, diiris tipis
- 100 gram gula pasir
- 550 ml air tawar
- 350 ml minyak goreng atau secukupnya

CARA MEMBUAT KUE CUCUR :
  1. Masak air tawar sampai mendidih, masukkan gula merah dan gula putih, aduk sampai semua gula merah dan gula putih larut. Matikan api, singkirkan, dan saring ke larutan air gula bersih dari puing-puing. sisihkan.
  2. Dalam mangkuk sedang tepung terigu dan tepung beras dicampur dan diaduk hingga menjadi campuran homogen, tuangkan larutan gula perlahan, aduk sampai larutan gula tercampur, aduk terus, sampai adonan (untuk kue) halus dan tercampur rata . Kemudian campuran dikocok selama sekitar 5 menit sehingga adonan benar-benar menyatu. Setelah itu campuran diamkan sekitar 20 meni.
  3. Panaskan 50 ml minyak dalam wajan dengan cekung kecil.
  4. Aduk adonan (untuk kue) lalu ambil sendok sayur ke dalam minyak panas. Selama menggoreng, bagian tengah adonan siram minyak panas agar matang secara merata. Kue tidak perlu dibalik. Setelah matang, diangkat dan tiriskan.
  5. Lakukan empat langkah sampai semua adonana kue cucur habis. Untuk bahan di atas kita bisa membuat kue cucur sebanyak 30 kue.
  6. Mudah, bukan? Dianjurkan untuk menyajikan selagi hangat dengan teh pahit.
  7. Untuk variasi, Anda bisa menambahkan, ke dalam adonan untuk kue, potongan halus buah durian, atau potongan kecil nangka, yang dapat menyebabkan kue cucur memiliki rasa yang khas dan pastinya akan membuat kue cucur menjadi lebih enak.

Selamat memasak. Salam hangat untuk keluarga Anda. Terima kasih.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini